You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan KULWARU

Kap. Wates, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

KAMPANYE DIALOGIS PILIHAN LURAH KULWARU TAHUN 2021


KAMPANYE DIALOGIS PILIHAN LURAH KULWARU TAHUN 2021

Hari ini Selasa (19/10) adalah kampanye hari kedua yang dijadwalkan oleh panitia pemilihan Lurah Kulwaru pada pilihan lurah serentak Tahun 2021. Kampanye dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut yaitu tanggal 18, 19, dan 20 Oktober 2021. Pada kampanye dialogis ini diisi dengan penyampaian visi dan misi bagi tiap-tiap calon.

Acara ini di hadiri oleh Forkompimkap Wates yang terdiri dari Panewu Wates, Danramil Wates, Kapolsek Wates, Calon Lurah, Pj. Lurah Kulwaru dan Pamong, Ketua BPK dan anggota, RT RW, PKK, Karang Taruna dan Linmas. Turut hadir pula Bapak Drs. Ambar Jazil Wasan sebagai Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Kabupaten Kulon Progo.

Acara tersebut dipimpin oleh moderator (Bapak Alim Sudalyana, S. Pd.) yang menyampaikan aturan-aturan dalam kampanye dialogis, yaitu :

  1. Masing-masing calon menyampaikan visi dan misinya selama 10 menit
  2. Pertanyaan diajukan sebanyak 5 pertanyaan kepada masing-masing calon dengan waktu 5 menit untuk menjawab pertanyaan, dimana 2 pertanyaan wajid dari panitia Pemilihan Lurah, kemudian 3 pertanyaan lainnya dari peserta / masyarakat yang hadir dalam acara kampanye dialogis
  3. Setiap pertanyaan yang diajukan hanya boleh di jawab satu kali oleh masing-masing calon dan tidak ada sanggahan maupun tanggapan apapun dari peserta acara kampanye dialogis.

 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Kalurahan Kulwaru memiliki 2 Calon Lurah yaitu Bapak Imam Hudaya, S. Pt (nomor urut 1) dan Bapak Sugiyanto (nomor urut 2)

 

Bapak Imam Hudaya, S. Pt. memiliki Visi yaitu :

Melanjutkan membangun kalurahan kulwaru melalui tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel dan partisipatif menuju kulwaru yang maju, mandiri dan berbudaya berlandaskan akhlakul karimah

kemudian misi nya adalah :

  1. Mengoptimalkan tata kelola pemerintahan Kalurahan yang lebih baik;
  2. Meningkatkan Pendapatan Asli Kalurahan (PAKal)
  3. Meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat
  4. Mewujudkan kepemimpinan yang baik, bijaksana, tegas dan berwibawa;
  5. Mewujudkan Ketentraman keamanan dan ketertiban dilingkungan Kalurahan Kulwaru
  6. Meningkatkan kesehatan, kebersihan serta mengusahakan Jaminan Kesehatan Masyarakat yang belum terakses melalui program Kalurahan maupun pemerintah
  7. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalurahan Kulwaru melalui program pemberdayaan masyarakat sesuai dengan potensi wilayah.
  8. Memfasilitasi program pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan sebagai sarana untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.
  9. Meningkatkan sarana dan prasarana dari segi fisik, ekonomi, pendidikan, kesehatan, olahraga dan kebudayaan.
  10. Membina dan menjaga kehidupan sosial yang harmonis, toleran, saling menghormati dalam kehidupan berbudaya berlandaskan keimanan dan ketakwaan di Kalurahan Kulwaru.
  11. Mengedepankan kejujuran, keadilan, transparansi dalam kehidupan sehari – hari baik dalam pemerintahan maupun dengan masyarakat desa.
  12. Memelihara keseimbangan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan dengan memanfaatkan sumberdaya alam untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

 

 

Sedangkan visi dari bapak Sugiyanto adalah :

Menciptakan tata kelola pemerintahan desa yang profesional, jujur, adil, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, hukum, beriman dan takwa kepada Allah SWT demi mewujudkan kemajuan masyarakat desa kulwaru yang unggul dibidang pendidikan ekonomi, lingkungan, kesehatan, untuk tercapainya masyarakat yang sejahtera, cerdas, berbudaya, sehingga kemajuan kesejahteraan perdamaian & kerukunan terwujud.

 

Kemudian mempunyai misi :

  1. Mengamalkan pancasila & UUD 1945 secara konsisten dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. Melakukan peningkatan pelayanan masyarakat & mengoptimalisasi tata kelola pemerintahan yang baik.
  3. Meningkatkan peran serta (partisipasi) warga masyarakat dalam perencanaan pembangunan, implementasi (pelaksanaan ) & pegawasan program pembangunan desa.
  4. Melakukan transparansi & mendaya gunakan anggaran desa secara adil & merata demi kemajuan desa.
  5. Membuka akses ekonomi desa untuk pemerataan kesejahteraan & keadilan masyarakat.
  6. Meningkatkan infrastruktur, sarana & prasarana desa
  7. Meningkatkan kualitas SDM yang jujur cerdas adil dan berakhlak mulia serta berbudaya sehingga kemajuan desa dapat berkembang dengan baik.
  8. Menjalin kerjasama dengan lembaga pihak terkait seperti pemerintahan kecamatan, kabupaten, & provinsi.

Lembaga pendidikan perguruan tinggi yang ada & desa – desa lain dalam mengisi pembangunan desa.

  1. Memperkuat lembaga – lembaga keagamaan sosial budaya demi pembangunan desa dibidang ekonomi, pendidikan, lingkungan dan kesehatan mayarakat sehingga tercapai masyarakat rukun, damai & sejahtera.
  2. Mengadakan pertemuan 6 ( enam ) Pedukuhan ( tokoh masyarakat ) untuk pertanggungjawaban tiap tahun.

 

Kulwaru memiliki DPT (Daftar Pemilih Tetap) sebanyak 2208 suara, yang berdomosili dan beridentitas alamat di Kalurahan Kulwaru serta yang sudah memiliki umur di atas 17 tahun. Setelah adanya masa kampanye ini pada tanggal 21, 22, dan 23 Oktober 2021 adalah masa tenang dimana semua calon harus membereskan semua APK (Alat Peraga Kampanye) dan tidak boleh melakukan kampanye lagi.

 

Selamat melaksanakan Pesta Demokrasi, jadikan Pemilihan Lurah Kulwaru yang aman, damai dan sejuk, dan jangan lupa Hari Minggu 24 Oktober 2021 Gunakan hak pilih anda.

Bagikan artikel ini: