You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULWARU
Kalurahan KULWARU

Kap. Wates, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Sistem Informasi Kalurahan Kulwaru Lindungi Diri dan Orang Sekitar dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan Ayo Pakai Masker ! Ayo Cepat Vaksin !

Sejarah Desa

Admin Kalurahan 05 Maret 2019 Dibaca 40.099 Kali

SEJARAH DESA KULWARU, WATES, KULON PROGO

 

Desa Kulwaru merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Kulwaru dahulunya merupakan wilayah rawa-rawa yang tidak bisa digunakan sebagai wilayah permukiman.

Pada suatu saat ada seorang pengembara muslim yang menaiki sampan dan berhenti ditengah-tengah rawa, seseorang tersebut bernama Syech Baginda Rubuh. Disitu kemudian Syech Baginda Rubuh membangun suatu tempat ibadah atau masjid berikut sumur yang terbuat dari batu yang kemudian tempat tersebut sampai sekarang disebut Siwatu.

Pada suatu saat setelah menjalankan sholat, syech Baginda Rubuh menancapkan tongkatnya yang terbuat dari kayu waru, tidak lama kemudian tongkat kayu waru tersebut dirambati keong besar (kul), setelah mengamati tongkatnya tersebut kemudian Syech Baginda Rubuh bersabda bahwa suatu saat kawasan ini akan bernama desa Kulwaru.

Tempat petilasan Syech Baginda Rubuh tersebut sampai sekarang yang tersisa tinggal gundukan tanah yang konon tempat sholat imam dan sumur yang terbuat dari batu, sedangkan bedug dan kentongan sekarang disimpan dimasjid Al-Muttaqin Kulwaru Wetan, masjid tersebut pada saat perang Diponegoro juga pernah dipakai singgah Pangeran Diponegoro untuk sholat dan beristirahat. Demikian sekilas tentang sejarah terjadinya Desa Kulwaru.

 

DESA KULWARU TERDIRI DARI 6 (ENAM) PEDUKUHAN DAN NAMA DUKUH SEBAGAI BERIKUT :

  1. Pedukuhan Kulwaru Kulon   : Sugimin
  2. Pedukuhan Kulwaru Wetan  : Wagiman
  3. Pedukuhan Kanoman             : Imam Taufik
  4. Pedukuhan Kuwirun               : Muhammad Nuryasin
  5. Pedukuhan Serangrejo           : Hidayat
  6. Pedukuhan Granti                   : Kelik Suhariyanto

 

PEJABAT YANG PERNAH DUDUK SEBAGAI LURAH ATAU KEPALA DESA KULWARU YAITU :

  1. Lurah Pertama : Ali Musahid (1925 – 1947)
  2. Lurah Kedua : Kasan Mustadi (1947 – 1978)
  3. Lurah Ketiga : Atmo Yuwono (1978 – 1986)
  4. Lurah Keempat : Hj. Mujirahayu (1986 – 1996 )
  5. Lurah/Kades Kelima : Kusnaini (1996 – 2004 )
  6. Lurah/Kades Keenam : Supardijo ( 2004 – 2006 )
  7. Lurah/Kades Ketujuh : Legiman (2008 – 2014)
  8. Lurah/Kades Kedelapan : Imam Hudaya,SPt (2014 – 2020 )

 

Sesuai dengan dinamika pemerintahan, Desa Kulwaru pernah berkali-kali mengalami perubahan sebutan menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku yakni sebutan desa ataupun kelurahan sehingga pucuk pimpinan pun juga mengalami beberapa kali perubahan penyebutan dari Lurah menjadi Kepala Desa atau sebaliknya.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image