You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULWARU
Kalurahan KULWARU

Kap. Wates, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Sistem Informasi Kalurahan Kulwaru Lindungi Diri dan Orang Sekitar dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan Ayo Pakai Masker ! Ayo Cepat Vaksin !

GERAKAN PENGENDALIAN ORGANISME UNTUK MENGATASI SERANGAN HAMA PADA TANAMAN PADI DI KULWARU

Administrator 08 Juni 2022 Dibaca 732 Kali
GERAKAN PENGENDALIAN ORGANISME  UNTUK MENGATASI SERANGAN HAMA PADA TANAMAN PADI DI KULWARU

Rabu, 8 Juni 2022, Kelompok Tani Bulak Widodo Kalurahan Kulwaru dan juga Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kapanewon Wates melakukan Gerdal OPT di sawah Bulak Widodo yang terletak di Padukuhan Kulwaru Kulon, Kalurahan Kulwaru, Kapanewon Wates. Kegiatan tersebut terselenggara atas laporan dari perwakilan Kelompok Tani kepada BPP Kapanewon Wates bahwa tanaman padi di Bulak Widodo mengalami permasalahan yaitu asem-aseman dan terserang hama padi. Dari masalah tersebut, dikhawatirkan panen padi pada Masa Tanam ke 2 ini tidak akan maksimal dan mengakibatkan kerugian bagi petani.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Koordinator BPP Kapanewon Wates; Ibu Intar Isnani, S. P. beserta tim nya juga Pemerintah Kalurahan Kulwaru yang dihadiri oleh Lurah Kulwaru, Bapak Sugiyanto, Ulu-ulu Kalurahan Kulwaru dan warga dari Kelompok Tani Widodo.

Berdasarkan pengamatan dari BPP Kapanewon Wates, tanaman padi di Bulak Widodo terserang penyakit yaitu kresek, blas, dan wereng, juga sebagian walang sangit. Disamping itu kegagalan tanaman padi disebabkan oleh faktor alami, yaitu

  1. Air yang selalu menggenang, tidak bisa tuntas sehingga menyebabkan tanah asam-asaman
  2. Pada waktu pemnanaman benih padi, lahan belum matang (jerami sisa panen Masa tanam 1 belum busuk)

Dengan adanya berbagai masalah tersebut maka kelompok tani widodo bekerja sama dengan dinas terkait mengadakan gerakan dan pengendalian hama padi dengan subsidi obat dari BPP yaitu berupa obat organik yang terdiri dari PGPR untuk obat wereng/ pengerek daun/ walangsangit, kemudian hormon penumbuh, dan obat kresek yang mana ke semua itu adalah obat organik ramah lingkungan serta dilakukan penyemprotan massal oleh kelompok tani widodo.

Disamping melakukan gerdal hama, juga disarankan untuk membuat parit/drainase untuk menuntaskan air yang menggenang

Dalam prakatanya, Lurah Kulwaru mengucapkan terima kasih kepada BPP Kapanewon wates untuk mengatasi hama yang ada di bulak Widodo dalam rangka subsidi obat bagi kelompok tani widodo untuk mengatasi tanaman padi yang terkena hama sehingga menjadi merah. Semoga dengan kegiatan ini dapat menjadi solusi bagi warga khususnya petani untuk tetap bisa maksimal dalam panen di Masa Tanam ke 2 yang berada di wilayah Bulak Tani Widodo

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image