KULWARU! KALURAHAN KANTONG BUDAYA

KULWARU! SEJAHTERA, MANDIRI, DEMOKRATIS dan BERGOTONG-ROYONG

 

KANDANG KOMUNAL KULWARU WETAN, DI NET TV

Desa Kulwaru 10 Oktober 2019 09:09:50 Berita Desa

KANDANG KOMUNAL KULWARU WETAN, DI NET TV

Pagi ini, pukul 05.00 WIB, 10 Oktober 2019, pedukuhan Kulwaru Wetan tampil sebagai pioneer desa dengan adanya Kandang Komunal di Net TV Yogyakarta. Pedukuhan Kulwaru wetan, menjadi sorotan masyarakat dalam upaya nya membentuk kandang bersama atau yang sering disebut kandang komunal oleh warga dalam rangka pelestarian lingkungan dan perbaikan lingkungan tempat tinggal. Pedukuhan kulwaru wetan di Desa Kulwaru, Kecamatan Wates, Kulon Progo berpenduduk mayoritas sebagai petani dan peternak. Alhasil hampir setiap petani mempunyai ternak sapi dan kambing disekitar pekarangan rumahnya yang menjadikan kawasan ini menjadi predikat kumuh. Kandang sapi yang dulu berada di pekarangan rumah mengakibatkan sumur warga tercemar kotoran ternak. Pada saat musim penghujan kotoran – kotoran ternak menggenang di sekitaran pekarangan yang menjadikan air di tanah tercemar. Tidak hanya tercemar, dari segi keindahan pun dipandang kurang begitu bersih dan bagus. Berangkat dari banyaknya keluh kesah warga kepada sesama masyarakat sekitar, kepada tokoh masyarakat, dan juga kepada Pemerintah Desa karena lingkungan tempat tinggal nya yang kumuh, akhirnya secara gotong royong dan juga swadaya, masyarakat mau dan mampu untuk menempatkan ternak sapi nya dalam satu kandang secara massal di tempat yang luas dan jauh dari lingkungan tempat tinggal mereka sehingga terbentuklah kandang komunal tersebut.

Tidak ingin masyarakat pedukuhan kulwaru wetan  hidup dengan lingkungan kumuh dan tidak sehat, lewat progam PLPBK ( Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas pada tahun 2012, yang diteruskan dengan progam Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) warga menginisiasi dibuat kandang Komunal Sempulur dengan tujuan agar ternak sapi ditempatkan dalam satu lokasi, sehingga air tercemar bisa dilokalisasi. Dengan memanfaatkan tanah desa,  2 (dua) kandang komunal yang mampu menampung hingga 70 ekor sapi dapat terealisasi berkat bantuan dari Pemerintah Desa.

Dari bantuan beberapa pihak, warga Kulwaru wetan mendesain Kandang Komunal yang unik dan berbeda, dibantu dengan mendatangkan arsitek untuk membantu desain kandang komunal. Bukan tanpa sebab, desain kandang yang dari keinginan masyarakat sendiri, menjadikan ternak sapi menjadi sehat dan produktif, selain sirkulasi udara yang cukup, saluran khusus dibuat agar air kencing sapi terkumpul dalam satu lokasi, sehingga tidak mencemari air tanah. Selain itu,  guna meningkatkan pendapatan kelompok kotoran sapi yang terkumpul di satu tempat memudahkan pengelolaan pembuatan pupuk kandang. Pupuk yang dibuat oleh kelompok sudah mampu menjual di berbagai daerah, Sleman, Bantul dan temanggung. Produksi pupuk kandang dalam satu kali pengolahan dapat mencapai 1 ton.

Berikut video terlengkapnya, klik link di bawah ini

https://www.youtube.com/watch?v=sHnk8wBSzjY

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah KALURAHAN

Peta Desa

Aparatur KALURAHAN

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Lokasi Kantor KALURAHAN

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung