You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULWARU
Kalurahan KULWARU

Kap. Wates, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Sistem Informasi Kalurahan Kulwaru Lindungi Diri dan Orang Sekitar dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan Ayo Pakai Masker ! Ayo Cepat Vaksin !

PELACAKAN BATAS DESA - KALURAHAN KULWARU

Administrator 29 Agustus 2023 Dibaca 501 Kali
PELACAKAN BATAS DESA - KALURAHAN KULWARU

PELACAKAN BATAS DESA - KALURAHAN KULWARU

DALAM RANGKA PELAKSANAAN PENEGASAN & PENETAPAN BATAS DESA

 Selasa, 29 Agustus 2023 Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas PMD Dalduk & KB) Kulon Progo melakukan Pelacakan Batas Desa di Kalurahan Kulwaru yang berbatasan dengan Kalurahan Triharjo dan juga Kalurahan Ngestiharjo. Kegiatan pelacakan batas ini dalam rangka pelaksanaan penegasan dan Penetapan Batas Desa seperti amanat Permendagri Nomor 45 Tahun 2016 tentang  Pedoman Penetapan dan Penegasan Batas Desa.

Dalam Permendagri 45 Tahun 2016 tentang Pedoman Penetapan dan Penegasan Batas Desa disebutkan Batas Desa adalah pembatas wilayah administrasi pemerintahan antar Desa yang merupakan rangkaian titik-titik koordinat yang berada pada permukaan bumi dapat berupa tanda-tanda alam seperti igir/punggung gunung/pegunungan (watershed), median sungai dan/atau unsur buatan dilapangan yang dituangkan dalam bentuk peta. Penegasan batas Desa adalah kegiatan penentuan titik-titik koordinat batas Desa yang dapat dilakukan dengan metode kartometrik dan/atau survey dilapangan, yang dituangkan dalam bentuk peta batas dengan daftar titik-titik koordinat batas Desa.

Pelacakan batas desa ini diikuti oleh unsur Pamong dari masing-masing Kalurahan yaitu Lurah, Carik, Jagabaya, Panata Laksana Sarta Pangripta, Dukuh, dan tokoh masyarakat. Lalu, disaksikan juga dari Kapanewon Wates dan didampingi Oleh Tenaga Ahli Perbatasan sebagai pencatat administrasi pemilik tanah sekitar patok batas serta mentitik koordinat setiap patok.

Di Kalurahan Kulwaru sendiri terdapat 8 Titik Patok yang dilacak pada program kegiatan ini. Titik tersebut adalah :

  • Titik P1 sampai dengan titik P7 merupakan Batas Desa antara Kalurahan Kulwaru dengan Kalurahan Triharjo.
  • Titik P8 merupakan titik perbatasan 3 Desa yakni Kalurahan Triharjo, Kalurahan Kulwaru, dan Kalurahan Ngestiharjo
  • Titik P9 sampai dengan titik P14 merupakan Batas Desa antara Kalurahan Kulwaru dengan Kalurahan Ngestiharjo

 

Kegiatan Pelacakan Batas ini merupakan langkah awal sebelum di pasang patok sesungguhnya yaitu berupa Patok Batas Utama (PBU) dan Patok Acuan Batas Utama (PABU). Patok sementara ini menggunakan patok kayu berwarna merah yang di tancapkan pada setiap titik batas desa. Kegiatan Penegasan Penetapan Batas Desa ini di biayai oleh Dana Keistimewaan Yogyakarta Tahun 2023.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image