You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULWARU
Kalurahan KULWARU

Kap. Wates, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Sistem Informasi Kalurahan Kulwaru Lindungi Diri dan Orang Sekitar dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan Ayo Pakai Masker ! Ayo Cepat Vaksin !

SURVEI MAWAS DIRI (SMD) PUSKESMAS WATES DI KALURAHAN KULWARU

Astri Zayanna Fauzia 18 Februari 2020 Dibaca 1.047 Kali

SURVEI MAWAS DIRI (SMD) PUSKESMAS WATES DI KALURAHAN KULWARU

Selasa, 18 Februari 2020 Pukul 10.00 WIB Kalurahan Kulwaru mengadakan Survei Mawas Diri bersama Puskesmas Wates. Acara ini dihadiri oleh PKK, Kader, BPK, Babinsa, Babinkamtibnas, Karang Taruna, serta tokoh masyarakat, tanpa terkecuali Pamong Kalurahan pun mengikuti acara Survei Mawas Diri tersebut. Survei Mawas Diri yang dilakukan oleh Puskesmas Wates ini melibatkan tokoh masyarakat untuk ikut serta dalam mengidentifikasi permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat Kalurahan Kulwaru.

Tujuan dari Survei Mawas Diri Sendiri untuk mengumpulkan data berupa permasalahan kesehatan di Kalurahan Kulwaru. Pada pertemuan kali ini dapat disimpulkan bahwa permasalahan kesehatan yang ada di Kalurahan Kulwaru diantaranya seperti Hipertensi, TBC, DM (Diabetes Melitus), Sampah dan Limbah, Merokok, dan Asam Lambung. Hipertensi menjadi permasalahan tertinggi yang ada di Kalurahan Kulwaru. Dalam SMD kali ini analisis kesehatan yang dilakukan mengerucut pada masyarakat yang menderita Hipertensi. Dari opeserta hadir dipilih 10 orang yang akan mengumpulkan data dengan mewawancari penderita Hipertensi yang terbagi menjadi 3 kelas yaitu primer, sekunder, tersier, dan selanjutnya akan menjadi data dasar bagi Desa dan juga Puskesmas apa saja solusi yang bias dilakukan agar mencegah dan mengontrol para penderita Hipertensi bagi masyarakat Kalurahan Kulwaru.

Permasalahan kesehatan di Kalurahan Kulwaru mengerucut pada Hipertensi menggerakkan para ibu-ibu perwakilan dari masing-masing pedukuhan untuk melakukan survei guna mengetahui penyebab dari permasalahan kesehatan tersebut dengan mendatangi rumah-rumah warga sesuai data yang sudah di kumpulkan. Setelah melakukan survei tahapan selanjutnya akan dilakukan rekap dan presentasi. Dengan adanya Survei Mawas Diri ini diharapkan dapat mengidentifikasi permasalahan kesehatan di Kalurahan Kulwaru serta juga dapat mencegah maupun menangani permasalahan kesehatan yang sudah ada.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image