You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULWARU
Kalurahan KULWARU

Kap. Wates, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Sistem Informasi Kalurahan Kulwaru Lindungi Diri dan Orang Sekitar dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan Ayo Pakai Masker ! Ayo Cepat Vaksin !

BARIS BERBARIS TIM LINMAS DESA KULWARU

Astri Zayanna Fauzia 13 November 2019 Dibaca 915 Kali

BARIS BERBARIS TIM LINMAS DESA KULWARU

Selasa, 11 November 2019, Kasi Pemerintahan Desa Kulwaru mengadakan kegiatan pembinaan terhadap Linmas Desa Kulwaru. Anggota Linmas merupakan tonggak dasar sebagai perlindungan dan keamanan yang berhubungan langsung dengan Masyarakat, sehingga tercipta ketentraman dan ketertiban di wilayah yang bersangkutan.

Pembinaan Linmas ini diharapakan bisa menjadi tambahan ilmu pengetahuan kepada para anggota Linmas untuk melaksanakan tugasnya sebagai perlindungan masyarakat Desa Kulwaru. Anggota linmas diharapkan bisa memberikan contoh perilaku ketentraman dan ketertiban yang baik kepada masyarakat Desa Kulwaru.

Penyampaian materi pertama dari Bapak Sugiyono, S.Ag (Kasi Pemerintahan Desa Kulwaru) sosialiasai mengenai Pergub No 6 Tahun 2019 tentang “Jaga Warga”. Pertama yaitu, Linmas seyogyanya mendorong upaya penegakan tata tertib kehidupan sosial yang disepakati warga masyarakat dan/atau anggota di wilayah kerja dan/atau di dalam lembaga, organisasi, atau perkumpulan yang tidak bertentangan dengan norma hokum. Selain itu, Linmas harus berperan Pranata Sosial yang ada dalam masyarakat yang belum dapat melaksanakan tugas dan fungsinya .Melakukan fasilitasi kepentingan masyarakat berdasarkan kearifan lokal di lingkungannya yang untuk sementara waktu belum ditangani oleh pihak berwenang.

Penyampaian materi kedua dari Bhabinkamtibmas Desa Kulwaru Bapak Edi Asmoro selaku Narasumber tentang Ketrentraman dan Ketertiban dalam bermasyakat. Pertama, Linmas ikut berperan menjaga keamanan dalam bermasyarakat di Desa Kulwaru, selain itu ikut membantu mediasi permasalahan dalam perkara – perkara ringan/ bukan pidana berat. Anggota Linmas melakukan koordinasi dan komunikasi dengan aparat yang berwenang dalam rangka upaya deteksi dini dan cegah dini potensi gangguan keamanan, ketenteraman, dan ketertiban sosial, maupun kerawanan sosial terkait kesejahteraan masyarakat. Lalu, memberikan tambahan pengetahuan mengenai Tata Tertib Berlalu Lintas.

Penyampaian meteri ketiga dari Babinsa Kulwaru, Bapak Hariyanto tentang Bela Negara dan melakukan Pelatihan Baris – Berbaris. Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana. Linmas juga harus memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Dalam kegiatan ini juga diadakan latihan dasar baris-berbaris. Latihan Baris – Berbaris ini latihan bertujuan agar para anggota Linmas ini memiliki sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa persatuan, rasa disiplin, dan rasa tanggung jawab serta dapat dipercaya. Serta bermanfaat bagi anggota linmas yang bisa didapat dari baris berbaris antara lain, melatih daya konsentrasi, belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh dan belajar untuk diam dan mengatur emosi.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image