You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULWARU
Kalurahan KULWARU

Kap. Wates, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Sistem Informasi Kalurahan Kulwaru Lindungi Diri dan Orang Sekitar dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan Ayo Pakai Masker ! Ayo Cepat Vaksin !

PENGENALAN DAN PENGAPLIKASIAN WALL PLANTER KKN UST PADEPOKAN 30 DENGAN KWT MUGI MAKMUR KULWARU WETAN

Administrator 17 Februari 2023 Dibaca 542 Kali
PENGENALAN DAN PENGAPLIKASIAN WALL PLANTER KKN UST PADEPOKAN 30 DENGAN KWT MUGI MAKMUR KULWARU WETAN

Padepokan 30 dari kegiatan pengabdian masyarakat Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) periode II tahun 2023, telah melakukan serangkaian program kerja unggulan yang berkolaborasi dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mugi Makmur di Dusun Kulwaru Wetan, Kalurahan Kulwaru, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo.

Program kerja unggulan KKN UST Padepokan 30 adalah Pengenalan dan Pengaplikasian Wall Planter di Kelompok Wanita Tani Mugi Makmur. Dalam suatu kegiatan pengabdian masyarakat tentu diperlukan serangkaian acara yang mendukungnya. Sosialisasi adalah langkah awal yang wajib dilakukan, oleh karena itu sosialisasi tentang pengenalan, fungsi dan cara menggunakan Wall Planter menjadi agenda pertama yang dilakukan. Sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 20 Januari 2023 di basecamp KWT Mugi Makmur dan diikuti oleh sekitar 25 anggota KWT Mugi Makmur.

Wall Planter merupakan Planter Bag yang didesain khusus untuk digantung di dinding yang menjadi salah satu produk inovatif bagi yang ingin berkebun secara vertikal. Wall Planter memiliki fungsi yang hampir sama dengan pot kayu, pot plastik, dan pot keramik yang digunakan untuk menanam tanaman. Wall Planter menjadi solusi bagi mereka yang ingin berkebun di tempat yang terbatas. Karena area KWT Mugi Makmur yang tidak begitu luas maka hal ini akan menjadi terobosan baru yang bisa dimanfaatkan.

Sosialisasi Pengenalan dan Pengaplikasian Wall Planter ini dibuka dengan sambutan dari pihak KKN UST Padepokan 30 dan dilanjutkan oleh pihak KWT Mugi Makmur yang diwakili oleh Ibu Al Zaenah sebagai ketua KWT. Sosialisasi yang dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berkahir pada pukul 12.00 WIB berjalan kondusif. Seluruh peserta sosialisasi terlihat antusias dan bersemangat. Sosialisasi ini ditutup dengan penyerahan Wall Planter dari pihak KKN Padepokan 30 kepada pihak KWT Mugi Makmur.

Sosialisasi Pengenalan Wall Planter menjadi batu loncatan pertama dalam program unggulan KKN UST Padepokan 30. Setelah sosialisasi dan penyerahan Wall Planter kepada pihak KWT Mugi Makmur, KKN UST Padepokan 30 akan melakukan tindak lanjut yang berupa pemasangan Wall Planter dan pengisian media tanam. Hal ini dilakukan agar masyarakat dusun Kulwaru Wetan dapat mengenal, mengetahui fungsi dan cara penggunaan Wall Planter yang baik dan benar melalui kegiatan di KWT Mugi Makmur. Media tanam yang ditawarkan oleh KKN UST Padepokan 30 adalah kompos kotoran kambing yang dicampur oleh tanah dengan perbandingan satu banding satu.

Ada enam Wall Planter Bag yang dipasang di dinding Area milik KWT Mugi Makmur. Setelah melakukan pemasangan, kegiatan dilanjutkan dengan pengisian media tanam yang dilakukan selama satu minggu. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 21 Januari 2023 dan diakhiri pada tanggal 27 Januari 2023 oleh KKN UST Padepokan 30. Tidak berhenti sampai disitu, KKN UST Padepokan 30 melanjutkan penanaman pada Wall Planter yang telah terpasang dan berisi media tanam. Bibit yang dipilih adalah pohon seledri. Pemilihan bibit seledri adalah hasil dari diskusi yang melibatkan beberapa pengurus anggota KWT Mugi Makmur dengan pihak KKN UST Padepokan 30. Pohon seledri dianggap pohon yang cocok untuk ditanam di Wall Planter, bisa dimanfaatkan dengan baik dan tentunya sesuai dengan kebutuhan di KWT Mugi Makmur.

Penanaman bibit seledri dilakukan pada tanggal 4 februari 2023. Alur penanaman seledri pada Wall Planter dimulai dengan memindahan bibit seledri dari polybag kecil menuju Wall Planter. Setiap wall planter memiliki 18 kantong sehingga diperlukan 108 bibit pohon seledri. Akan tetapi, beberapa bibit seledri mengalami kerusakan sehingga beberapa kantong Wall Planter diganti dengan tanaman kangkung. Setelah penanaman selesai seluruh Wall Planter disiram dengan air. Setelah seminggu penanaman, bibit-bibit yang telah ditanam terlihat tumbuh dengan baik. Pihak KKN UST Padepokan 30 berharap semoga dengan adanya program unggulan yang telah dilakukan dapat menambah wawasan masyarakat dan dapat sedikit membatu bidang pertanian di KWT Mugi Makmur.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image