You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULWARU
Kalurahan KULWARU

Kap. Wates, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Sistem Informasi Kalurahan Kulwaru Lindungi Diri dan Orang Sekitar dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan Ayo Pakai Masker ! Ayo Cepat Vaksin !

PELATHAN KEWIRAUSAHAAN DAN DIGITAL MARKETING BAGI PEMUDA

Administrator 07 Maret 2022 Dibaca 710 Kali
PELATHAN  KEWIRAUSAHAAN DAN DIGITAL MARKETING BAGI PEMUDA

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2022, pukul 08.30 sampai dengan selesai.  Bertempat di Kelurahan Kulwaru, mengangkat tema “Kewirausahaan Dan Digital Marketing Bagi Pemuda”. Acara ini di ikuti oleh 50 tamu undangan yang terdiri dari pemuda Kulwaru. Dengan mengundang pemateri dari Team Manajemen UNY, dan pemateri inti adalah Silfi Dwi Antika., S.E. Kegiatan ini dilaksanakan karena melihat keadaan Indonesia yang sedang dilanda bencana Covid-19 dan munculnya varian baru, mengakibatkan ekonomi dari berbagai sektor mengalami kemrosotan dari sebelum adanya pandemi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pemuda supaya dapat memanfaatkan teknologi yang sudah semakin canggih dan maju. Didalam pelatihan ini pemateri memaparkan tentang bagaimana dampak yang ditimbulkan akibat pandemi di sekto ekonomi, bagaimana cara melakukan digital marketing, dan bagimana cara memasarkan produk di E-Commerce.

Di materi pertama yang dipaparkan oleh saudari Rachma Putri Nurwahida adalah tentang bagimana keadaan ekonomi saat Pandemi. Dimana akibat dari Covid-19 yang menyebar luas di Indonesia mengakibatkan pasar menjadi lesu, ketakutan yang terjadi antar masyarakat sehingga mengakibatkan distribusi terhambat, modal dan omzet yang terganggu. Pilihan saat pandemi adalah dengan menjalankan WFH (Work From Home), dengan mengatur tata cara kerja WFH yaitu: mengatur waktu yang tepat, mengatur tata cara kerja karyawan, mengatur SOP agar produksi tetap berjalan dan mengutamakan prioritas. Tentunya dengan mempunyai ide dan melakukan ide tersebut.

Dimateri yang dipaparkan oleh saudari Silfi dwi Antika., S.E adalah tentang pemasaran digital, dimana pada pemasaran digital kita perlu mengenali produk yang akan kita pasarkan kepada konsumen, pengemasan dan layanan yang baik kepada konsumen dari produsen. Mengenali target pasar dan sasaran dari produk yang dihasilkan. Menggunakan media pemasaran dengan memanfaatkan sosial media yang saat ini sedang digunakan, seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, dan masih banyak lagi. Trik dalam memasarkan produk menggunakan Sosial Media Marketing adalah dengan membangun kredibilitas, menarik pelanggan potensial, membangun relasi di media sosial, membuat konten yang valuable, menggunakan gambar yang baik dan menarik, berpartisipasi dalam kelompok dan komunitas, dan berinteraksi dengan followers.selain dari sosial media pemasaran produk dapat dilakukan dengan menggunakan E-Commerce yaitu dengan menggunakan aplikasi seperti Shopee, Toko Pedia, Lazada,dan lain-lainnya.

Dalam pemaparan pemateri yang ketiga disampaikan oleh Team Manajemen UNY yaitu melakukan pemasaran menggunakan aplikasi Shopee. Mengapa mengginakan aplikasi tersebut, berdasarkan data dari sumber terpercaya diperoleh hasil survey bahwa aplikasi Shopee menduduki peringkat ertama sebagai aplikasi yang di minati oleh banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan. Dalam pemasaran menggunakan aplikasi Shopee ini dapat dilakukan dengan mudah bagi orang yang akan memulai usaha. Selain itu aplikasi ini juga memiliki biaya admin yang rendah. Dalam memasarkan produk melalui aplikasi ini tentunya masyarakat harus mengunduh aplikasi ini dan mendaftarakan dengan mengeklik “bagian saya”, klik daftar, dan verivikasi data sesuai dengan petunjuk yang ada pada aplikasi tersebut. Llengkapilah profil dengan mengeklik bagian “Setting” jika sudah bisa klik centang biru. Untuk memasarkannya dengan mengeklik “Mulai Jual” lalu dapat menambahkan produk, nama produk, foto produk dan lengkapilah deskripsi produk, lalu tentukan kategori, harga dan Stok. Updatelah produk yang kita jual dengan kondisi barang yang kita miliki.

Acara pelatihan ditutup dengan sesi foto bersama dengan peserta pelatihan. Diharapkan kegiatan ini dapat terus terselenggara mengingat pandemi yang belum terlihat kapan berakhirnya dan melihat kemajuan teknologi yang semakin pesat. Pemuda berkarya Indonesia Jaya.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image