You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULWARU
Kalurahan KULWARU

Kap. Wates, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Sistem Informasi Kalurahan Kulwaru Lindungi Diri dan Orang Sekitar dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan Ayo Pakai Masker ! Ayo Cepat Vaksin !

VAKSINASI PENYAKIT MULUT DAN KUKU (PMK) OLEH PUSKESWAN (PUSAT KESEHATAN HEWAN) DI KALURAHAN KULWARU

Administrator 05 Oktober 2022 Dibaca 570 Kali
VAKSINASI PENYAKIT MULUT DAN KUKU (PMK) OLEH PUSKESWAN (PUSAT KESEHATAN HEWAN) DI KALURAHAN KULWARU

Pemerintah Kalurahan Kulwaru (Sugiyanto, S.T) Bersama Puskeswan Wates (Bapak Agung, Bapak Gilang, dan Ibu Ambar) beserta Babinsa Kulwaru (Edi Parayitno) Bhabinkamtibmas Kulwaru (Edi Asmoro) dan Bapak Dukuh Padukuhan setempat melaksanakan program Vaksin PMK bagi ternak Sapi. PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) saat ini sedang banyak melanda ternak di Indonesia, penyakit PMK disebabkan oleh infeksi dari virus dan apabila pada kondisi yang parah dapat menyebabkan kematian pada hewan ternak tersebut, tentunya bila hal ini terjadi dapat menyebabkan kerugian bagi peternak. Adapun jenis vaksin yang digunakan yaitu Vaksin Aftomune.

Pelaksanaan vaksin ini dilangsungkan karena mayoritas masyarakat di Kalurahan Kulwaru bermatapencaharian sebagai petani dan peternak, dengan salah satu ternak yang banyak dipelihara adalah sapi. Oleh karena itu dalam mencegah penularan PMK ini terdapat program pemerintah dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan oleh Puskeswan Wates yaitu melakukan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak.

Program vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) diawali dengan mendata sapi milik warga serta meminta Izin kepada para warga yang memiliki ternak bahwa hewn ternak akan diberi vaksin. Setelah semua data terkumpul maka proses vaksinasi PMK dimulai, para tenaga kesehatan dari Puskeswan Wates akan menyuntikan vaksin pada sapi.

Harapannya program vaksin PMK ini dapat membantu para peternak di Kalurahan Kulwaru dalam upaya mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta dapat menjadi gerakan yang memutus rantai penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku di Indonesia.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image