Selamat Datang di Sistem Informasi Kalurahan Kulwaru Lindungi Diri dan Orang Sekitar dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan Ayo Pakai Masker ! Ayo Cepat Vaksin !

Artikel

BIMTEK PENDATAAN PRODESKEL dan SDGs DESA

06 Mei 2021 14:31:14  Administrator  971 Kali Dibaca  Berita Desa

Rabu, 05 Mei 2021 pukul 09.00 WIB, Pemerintah Kalurahan Kulwaru melaksanakan Bimbingan Teknis terkait Pendataan SDGs dan juga prodeskel bersama Bapak Aswin Martha dari Dinas PMD, Ibu Azmi dari TA Kabupaten, dan Pendamping Kalurahan sebagai Narasumber pada bimtek tersebut. Prodeskel adalah kepanjangan dari profil desa dan kelurahan, Prodeskel merupakan salah satu sistem perencanaan rujukan untuk pembangunan desa dan kelurahan dan semua sendi pembangunan yang ada di desa dan kelurahaan. Sedangkan SDGs (Sustainable Development Goals) Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Dalam pelaksanaan Bimtek Kali ini terdapat 2 macam, pertama yaitu Bimtek tentang Prodeskel bersama Bapak Aswin Martha dari Dinas PMD. Untuk bimbingan prodeskel, pokja relawan diberikan blanko untuk dicermati secara bersama-sama berbeda dengan SDGs untuk sistem bimtek SDGs sudah melalui berbasis aplikasi, sehingga dapat mempermudah operator. Bimbingan didampingi oleh Ibu Azmi dari TA Kabupaten, dan Pendamping Kalurahan. Adapun dalam bimtek SDGs kali ini terdapat 16 operator survey Keluarga dan Individu, 4 operator Survey RT, dan 1 operator Survey Desa. Sebelum bimtek dilaksanakan, masing-masing operator harus melakukan download aplikasi SDGs terlebih dahulu yang kemudian dapat diakses/ login dengan username dan password yang telah dibuat. Dalam aplikasi SDGs terdapat beberapa menu pilihan seperti survey desa, survey RT, Survey Keluarga, dan Survey individu. Dimasing-masing bagian survey terdapat beberapa kuisioner yang nantinya akan diisi oleh masing-masing operator. Data yang telah diisi dapat disimpan terlebih dahulu/ sekaligus upload apabila isian yang diberikan sudah yakin benar.

Kuisioner yang terdapat pada bimtek Prodeskel dan SDGs hampir sama, hanya terapat sedikit perbedaan saja. Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pendataan dan tata cara mengisi kuisioner pada aplikasi SDGs kepada tim pokja relawan desa dan operator SDGs desa. Materi dan bekal yang disampaikan oleh pendamping menjelaskan secara detail cara pendataan dan tata cara pengisian aplikasi pendataan SDGs, dan relawan juga di ajak bersama untuk mencoba pendataan pada saat Bimtek dengan tujuan untuk mempermudah relawan pada saat pendataan nantinya di masing-masing wilayah.

Adapun batas waktu yang ditentukan dalam pendataan SDGs ini sampai dengan 31 Mei 2021. Harapannya dengan adanya Bimtek ini, para relawan dapat memahami apa yang disampaikan, dan pada saat pelaksanaan terjun dilapangan dapat berjalan dengan lancar sehingga pelaksanaan pendataan SDGs dapat terselesaikan tepat waktu.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : KULWARU, WATES, KULON PROGO
Kalurahan : KULWARU
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55651
Telepon : 0
Email : desakulwaru@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:62
    Kemarin:252
    Total Pengunjung:48.749
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.118.80
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Statistik SID