You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULWARU
Kalurahan KULWARU

Kap. Wates, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Sistem Informasi Kalurahan Kulwaru Lindungi Diri dan Orang Sekitar dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan Ayo Pakai Masker ! Ayo Cepat Vaksin !

PEMBINAAN LINMAS

Administrator 09 April 2019 Dibaca 862 Kali

PEMBINAAN LINMAS MENJELANG PEMILU DI DESA KULWARU

(oleh : Sugiyono, S.Ag)

 

 

Menjelang Pemilu 2019, Pemerintah Desa Kulwaru, Kecamatan Wates bersama dengan Satpol PP Kulon Progo mengadakan Pelantikan sekaligus Pembinaan kepada Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) pada hari Rabu, 13 Maret 2019. Pertemuan ini diadakan di Aula Balai Desa Kulwaru dan dihadiri oleh Perwakilan Kecamatan Wates, seluruh Jajaran Perangkat Desa Kulwaru, Karang Taruna dan tamu undangan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pemahaman mengenai peraturan pemilu 2019 sehingga Sat Linmas dapat bertugas dengan baik dan maksimal.

Pelantikan dan pembinaan ini diikuti oleh 24 personel Sat Linmas dari seluruh Pedukuhan yang ada di Desa Kulwaru, Wates, Kulon Progo. Pembinaan terhadap Sat Linmas ini dianggap sangat penting karena secara teknis pada pelaksanaan Pemilu 2019 berbeda dengan pemilu sebelumnya dikarenakan pemilu presiden dan pemilu legislatif dilakukan secara bersamaan untuk pertama kalinya.

 

Dalam arahannya, Bapak Imam Hudaya selaku Kepala Desa Kulwaru menjelaskan tantang peranan keamanan dan ketertiban Masyarakat (kamtibmas). Selain Kepala Desa, Bapak Suharyana selaku perwakilan Satpol PP Kulon Progo menjelaskan peranan dan fungsi Sat Linmas secara, yaitu berperan aktif sebagai penjaga kerukunan masyarakat yang artinya gelem ngayomi dan sukarela dalam tugasnya. Pengarahan yang hampir sama diberikan oleh Bapak Taufik Subagya, S.E selaku perwakilan dari Kecamatan yang menjelaskan peranan Sat Linmas pada pengamanan menjelang pemilu, bahwa Sat Linmas harus benar-benar serius dalam pengamanan TPS, kotak suara dan surat suara khususnya yang ada di Desa Kulwaru. Selain itu, Sat Linmas juga punya tugas sebagai juru musyawarah atau juru rembugan yang membantu Pak Kades, Pak RT dan Pak RW ketika terjadi permasalahan di masyarakat jelang Pemilu 2019.

Personel Sat Linmas yang berjumlah 24 orang dibagi atas beberapa kelompok yang masing-masing beranggotakan 2 orang untuk menjaga tiap-tiap TPS yang ada di Kulwaru. Pembagiannya sebagai berikut; TPS 1: Kulwaru Wetan (Paino & Sugiyo), TPS 2: Kulwaru Wetan (Amat Kamidi & Susanto), TPS 3: Kulwaru Wetan-Kanoman (Suswanto & Rusimin), TPS 4: Kuwirun (Samingun & Mugi), TPS 5: Serangrejo (Jumadi & Sadimin), TPS 6: Serangrejo-Kuwirun (Sugiyanto & Zaini), TPS 7: Granti (Pariman & Agus Sumanto), TPS 8: Kulwaru Kulon (Darwoto & Bakrun). Jumlah personal yang memiliki tugas inti di masiing-masing TPS adalah 16 orang, personal lain berjumlah 8 orang bertugas pada hari H Pemilu dengan tugas yang dianggap situasional, dengan kata lain tidak memiliki tugas inti seperti 16 orang personal lain.

 

Hal ini diharapkan dapat menjadi cara untuk menjaga hubungan yang baik antar masyarakat, meski mereka berbeda pilihan. Personel Sat Linmas yang berjumlah 24 orang dilantik oleh Bapak Suharyana dengan pembacaan SK Satpol PP oleh Bapak Sugiyono, S.Ag selaku Pembawa Acara. Pembacaan Sumpah dan Janji Sat Linmas oleh Bapak Sahlil yang mewakili personel Linmas.

NO

NAMA

ALAMAT TPS

1

PAINO

TPS 1

KULWARU KULON

2

SUGIYO

3

AMAT KAMIDI

TPS 2

KULWARU WETAN

4

SUSANTO

5

SUWANTO

TPS 3

KANOMAN

6

RASIMIN

7

SAMINGUN

TPS 4

KUWIRUN

8

MUGI

9

JUMADI

TPS 5

KUWIRUN

10

SADIMIN

11

SUGIYANTO

TPS 6

SERANGREJO

12

ZAINI

13

PARIMAN

TPS 7

GRANTI

14

AGUS SUSANTO

15

DARWOTO

TPS 8

GRANTI

16

BAKRUN

 

 

 

 

Dokumen Lampiran

LINMAS-KULWARU.docx
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image